Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Tertinggi dari Pintu-Pintu Surga

Jabal Uhud merupakan gunung terbesar di kawasan Madinah, tepatnya terletak di bagian utara kota tersebut. Pemilihan nama Uhud karena posisinya yng tunggal dan tidak berdampingan dengan gunung-gunung lain di sekitarnya.

Rasulullah pernah berkata, “Uhud merupakan pintu tertinggi dari pintu-pintu surga.”

Di lembah gunung Uhud, pernah terjadi peperangan yang dahsyat antara 700 orang kaum muslim melawan 3000 orang kamu musyrik Mekkah. Dalam peperangan yang bernama Perang Uhud itu, sekitar 70 orang kaum muslim gugur di medan perang, termasuk Hamzah bin Abdul Muttalib, paman Nabi Muhammad.

Perang Uhud terjadi pada tahun ke 3 Hijriyah, ketika kaum musyrik Makkah sampai di perbatasan Madinah, umat Islam mengadakan musyawarah bersama para sahabat yang dipimpin oleh Nabi Muhammad. Hasil musyawarahnya yaitu banyak sahabat yang berpendapat agar umat Islam menyambut kedatangan musuh di luar kota Madinah, dan NabiMuhammad menyetujui usulan tersebut.

Pada saat peperangan, Nabi Muhammad menempatkan beberapa orang pemanah di atas gunung Uhud untuk melakukan penyerangan ketika kaum Musyrik Makkah mulai menggempur umat Islam. Dalam peperangan dahsyat tersebut, pada awalnya umat muslim yang mendapat kemenangan gemilang.

Namun, ketika para pemanah turun dari atas bukit untuk mengambil hak kemenangan mereka, posisi para pemanah tadi ditempati oleh Khalid bin Walid, seorang ahli strategi yang memimpin tentara kaum musyrik. Khalid menggerkan tentaranya untuk menyerang kembali kaum Muslim sehingga pada akhirnya umat Islam mengalami kekalahan.

Kembali ke Jabal Uhud, dalam riwayat dari Anas bin Malik dinyatakan bahwaketika Rasulullah menaik gunung Uhud bersama Abu Bakar ash0Siddiq dan Umar bin al-Khatab, gunung tersebut bergetar dan bergoyang. Rasulullah kemudian menghentikan kaki beliau seraya berkata, “Diamlah wahai Uhud, bukanlah siapa-siapa kecuali seorang Nabi dan bergelar dapat dipercaya serta kedua pejuang Syuhada.”

Sumber : Republika.co.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Cerdas Membagi Waktu, Ibadah Bisa Lebih Maksimal

26 July 2018 894x Berita, Haji

Kegiatan beribadah di Tanah Suci dapat lebih maksimal jika terencana. Agar tak banyak waktu yang terbuang, jamaah pun disarankan untuk membuat agenda harian yang terstruktur. Pembimbing ibadah haji dan umrah, Rafiq Jauhary, berbagi tips dengan Republika.co.id terkait hal ini. Prioritas utama tentunya beribadah. Bagaimana dengan aktivitas lainnya? Tiba di... selengkapnya

Sisihkan Rupiah demi Umrah

Sisihkan Rupiah demi Umrah

27 January 2015 392x Berita

Beribadah umrah boleh jadi merupakan impian setiap Muslim. Sayangnya, tidak mudah untuk mewujudkannya. Terlebih, bila kendalanya adalah soal biaya yang tidak sedikit. Tak ayal, persiapan umrah tidak hanya niat, tapi juga harus matang dalam finansial. Ini menjadi poin penting yang diterapkan Fitria Nur Hasni bersama keluarganya. Menunaikan ibadah umrah pada 2... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.