Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Perintah Haji Telah Diperdengarkan Sebelum Lahir ke Dunia

Jamaah Haji Khusus Sahara Kafila 2019

Perintah berhaji diserukan kepada seluruh manusia di bumi. Perintah ini nyatanya telah digaungkan sejak manusia berada dalam kehidupan di rahim ibu.

Seruan berhaji sendiri diabadikan di dalam Alquran Surah Al-Hajj ayat 27, Allah SWT berfirman: “Wa adzzin finnaasi bil-hajj ya’tuuka rijaalan wa ala kulli dhaamiri ya’tiina min kulli fajjin amiqin,”. Yang artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,”.

Syekh Aidh Al-Qarni dalam buku berjudul Sentuhan Spiritual menjelaskan, ketika Nabi Ibrahim diperintahkan Allah untuk menaiki bukit, beliau kemudian bertanya kepada Allah tentang apa yang harus dia lakukan. Maka Allah pun berfirman yang terangkum dalam Surah Al-Hajj ayat 27 itu tadi.

Nabi Ibrahim kemudian berseru: “Wahai manusia, wahai hamba Allah! Berkunjunglah ke Rumah Allah (Baitullah),”. Kemudian, Allah memperdengarkan seruan Nabi Ibrahim itu kepada setetes nutfah yang ada dalam rahim ibu. Allah memperdengarkan seruan Nabi Ibrahim kepada kehidupan, pada alam, kepada tumbuh-tumbuhan.

Lalu semua ahli tauhid menjawab: “Labbaik allahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik, innal-hamda wa ni’mata laka walmulka laa syarika laka,”. Yang artinya: “Kami memenuhi panggilan-Mu ya Allah, kami memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu, sesungguhnya puji, nikmat, dan kekuasaan hanya ada pada-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu,”.

Maka dijelaskan bahwa seluruh kehidupan mengucapkan talbiah. Bumi mengucap talbiah, langit mengucap talbiah, dan seluruh alam semesta mengucap talbiah. Seluruh keadaan menjadi saksi bahwa kemenangan berada di tangan agama hanif ini, Islam. Dan kebahagiaan hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa.

Sumber : ihram.co.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Haji dan Batu Jumrah yang Bawa Kita ke Surga

2 October 2020 453x Berita

Semua amalan yang baik dan ibadah jamaah di Tanah Suci sudah dijanjikan Allah dengan pahala yang dilipatgandakan serta surga yang menantikannya di akhirat. Setiap ibadah masing-masing memiliki nilai dan amalannya sendiri, termasuk dalam kisah-kisah yang bisa diteladani dalam ibadah haji. Contoh janji Allah pada hambanya adalah taman surga yang kekal bagi pel... selengkapnya

Catatan Haji 2023 : Kenapa Haji yang berhasil disebut Mabrûr?

Catatan Haji 2023 : Kenapa Haji yang berhasil disebut Mabrûr?

20 July 2023 133x Catatan Haji

Akar kata Mabrûr itu al-Birr, artinya kebajikan. Kunci kemabruran ibadah haji adalah pelayanan kemanusiaan karena di sanalah berhimpun semesta kebajikan. Sang Nabi menyebutnya Idkhâl as-Surûr atau menyenangkan orang lain. Maka, menebar senyum, memberi hadiah, menyingkirkan duri dari tengah jalan, menghibur di kala duka, menyantuni miskin papa, melapangkan... selengkapnya

Selamat Datang Musim Haji 1436 H

Selamat Datang Musim Haji 1436 H

18 August 2015 425x Berita

Oleh Anggito Abimanyu Musim haji 1436 H atau 2015 M bagi jamaah haji Indonesia secara resmi dimulai tanggal 19 Agustus 2015. Pada tanggal tersebut para jamaah haji kloter I masuk ke Asrama Haji untuk bersiap berangkat ke Arab Saudi satu hari kemudian dan diikuti oleh kloter lainnya di 12 embarkasi di seluruh Indonesia secara bergelombang.... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.