Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Pelaku Kejahatan Sasar Jemaah Haji Lansia, Ini Tips Mencegahnya

Jamaah Umrah Sahara Kafila

Tiap tahun penyelenggaraan ibadah haji, ada saja laporan mengenai jemaah yang menjadi korban kejahatan. Ada tips pencegahan efektif secara kolektif agar penjahat tak memiliki ruang gerak.

Kabid Perlindungan Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jaitul Muchlis mengatakan dari sekian banyak kejadian terhadap jemaah, ada pola khusus. Pelaku menyasar jemaah usia lansia.

“Jadi gini, orang yang menjadi sasaran kriminal, pertama dilihat dari usia. Coba lihat, lansia, lumayan berumur. Kemampuan fisik sudah tidak prima, dan pasti berkecenderungan terpisah dari rombongan,” ujar Jaitul di kantor Daker Mekah, Minggu (5/8/2018).

Jaitul mengatakan, rombongan pasti memiliki kecenderungan berjalan lebih cepat daripada jemaah lansia. Dari sini peluang jemaah lansia itu tertinggal dan kemudian menjadi sasaran penjahat terbuka.

“Rombongan besarnya berjalan cepat. Satu menit bisa 10 langkah, sedangkan yang tua hanya dua sampai tiga langkah. Kan beda,” ujar Jaitul.

Jaitul meminta anggota rombongan jemaah yang lain untuk memperlambat langkah. Dengan begitu jemaah lansia tetap berada dalam rombongan.

“Cobalah yang masih sehat dan prima tadi mengalah. Langkah kakinya diperlambat, sehingga bisa mengimbangi langkah mereka yang sudah tua,” ujar Jaitul.

“Egoisme jemaah juga harus dilunturkan. Mereka beribadah bukan semata-mata melakukan ritual, tapi juga membantu jemaah. bahkan bisa jadi kemabruran mereka berasal dari kepedulian terhadap jemaah sekitarnya yang membutuhkan bantuan,” pungkasnya.
(fjp/mae)

Sumber : detik.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Mengelabui Di Jalan Tuhan

19 December 2017 748x Apresiasi Umrah BSM

Oleh : Firman Jatnika (Jamaah Umrah Sahara Kafila – Apresiasi Umrah BSM 2017 Batch 1) Hari itu adalah malam terakhir kami di Mekah setelah selesai menjalankan umrah. Esoknya kami harus ke kota madinah untuk mengunjungi makam Rasulullah. Sebelum meninggalkan kota makah, para penziarah disunahkan untuk melaksanakan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan... selengkapnya

Madrasah Pertama dalam Islam

Madrasah Pertama dalam Islam

6 September 2018 747x Berita

Seturut pengembangan dan perluasan Masjdil Haram, banyak lokasi-lokasi bersejarah yang tergerus dan sukar diketahui. Berdasarkan kisah dari jamaah-jamaah haji terdahulu, wartawan Republika.co.id, Fitriyan Zamzami mencoba menelusuri beberapa di antaranya. Berikut tulisannya. Jamaah sudah mafhum, Sa’i adalah salah satu ritual paling berat dari rangkaian h... selengkapnya

Rapat Kerja PT. Sahara Kafila Wisata tahun 2013

Rapat Kerja PT. Sahara Kafila Wisata tahun 2013

3 December 2013 399x Sahara Kafila, Slider

Di akhir tahun 2013 tepatnya tanggal 21-23 November, yang bertempat di resort Kahuripan Ciawi Bogor,  PT. Sahara Kafila Wisata melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Tahunan dalam rangka evaluasi dan penetrasi pasar. Selain dihadiri oleh seluruh karyawan Kantor Pusat, Raker ini dihadiri oleh beberapa perwakilan PT. Sahara Kafila Wisata diantaranya berasal dar... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.