Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Catatan Haji » Catatan Haji 2023 : Nafs Quadrant

Nafsu lawwamah secara generik bisa disepadankan dengan rasa penyesalan yang mendalam. Boleh juga disebut sebagai feeling guilty atau rasa bersalah.

Selama “HATI” seseorang masih aktif, rasa bersalah ini terkadang suka muncul, saat muhasabah, rasa ini bisa berlipat-lipat menggalaukan suasana batin kita.

Nah, bagaimana mengelola jenis nafsu ini? Saya ingin menyebutnya sebagai “self deffensive mechanisme” atau mekanisme pertahanan diri. Nafsu ini harus ada tapi harus dikelola secara seimbang.

Terlalu dominan anda akan kehilangan spirit, umumnya menjadi pribadi lemah yang tak bisa mencapai achievment yang anda inginkan alias sulit berprestasi. Sebaliknya bila anda hilangkan jenis nafsu ini, anda akan kebablasan menjadi arogan, karena tidak pernah merasa bersalah atas sebusuk apapun dosa yang anda lakukan. Pada level ini anda akan dikuasai oleh nafsu amarah (self offensive mechanisme). Secara alami nafsu amarah cenderung kepada hal-hal yang tidak baik. Bahkan, karena kebiasaan berbuat keburukan tersebut, bila mana dia tidak melakukannya, maka dia akan merasa gelisah, sakau dan gundah gulana.

Itulah mengapa anda perlu jenis nafsu yang ketiga yaitu nafsu muthmainnah sebagai penyeimbang atau self balancing mechanisme. Inilah nafsu yang tenang, tentram, karena nafsu ini tergolong tahap tertinggi, nafsu yang sempurna berada dalam kebenaran dan kebajikan, itulah nafsu yang dipanggil dan dirahmati oleh Allah sebagaimana firman-Nya: “Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhaiNya. (QS. Al-Fajr: 27)

Soo, perhatikan diri anda kini, jenis nafsu mana yg paling dominan? Semoga saja nafsu muthmainnah sebagai penyeimbang menuju keridhoan Tuhan.

Ayah Enha

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Keberangkatan Umrah Sahara Kafila – 29 Maret 2011

10 April 2011 462x 2011, Galeri Foto

[supsystic-gallery id=’50’] selengkapnya

Ujian Bagi Penduduk Makkah

3 September 2020 441x Berita

Azab dan siksa yang diberikan Allah kepada para pemilik kebun (Ashab al-Jannah) ini bertujuan agar penduduk makkah selalu bersedekah dan membantu fakir miskin. Sebab, Allah telah memberikan mereka hasil kebun yang banyak dan melimpah. Sementara itu, di sekelilingnya, banyak orang yang membutuhkan. Lihat keterangan dan penjelasan ayat 17 surah Alqalam (68) ... selengkapnya

Tertinggi dari Pintu-Pintu Surga

Tertinggi dari Pintu-Pintu Surga

24 November 2016 370x Berita

Jabal Uhud merupakan gunung terbesar di kawasan Madinah, tepatnya terletak di bagian utara kota tersebut. Pemilihan nama Uhud karena posisinya yng tunggal dan tidak berdampingan dengan gunung-gunung lain di sekitarnya. Rasulullah pernah berkata, “Uhud merupakan pintu tertinggi dari pintu-pintu surga.” Di lembah gunung Uhud, pernah terjadi peperangan yang... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.