Beranda » Catatan Haji » Serial Catatan Haji Bersama Sahara Kafila : Qubā
Kafila International Islamic School

Jamaah berfoto bersama di depan masjid Quba

Bila sudah datang waktunya city tour di Kota Madinah saya selalu bersemangat, saya bergegas mandi dan berwudhu, kerinduan menuju masjid pertama yang dibangun sang nabi begitu menggebu².

sejarah pembangunannya serta penolakan kaum munafik beberapa bulan setelahnya, membuat saya ingin sekali memadu rasa dalam munajat yang liat.

Masjid Qubā dibangun pada awal peradaban Islam atas gagasan seorang Sahabat bernama ‘Ammar. Tepatnya, 8 Rabiul Awal pada Tahun Pertama Hijriyah, 5 hari sebelum sang nabi dan kaum muhajirin tiba di jantung Kota Madinah. Lokasinya berada di sebelah tenggara Kota, 5 KM di luarnya.

Sang Nabi dibantu para sahabat dan kaum Muslim yang lain. ‘Ammar menjadi pengikut Sang Nabi yang paling rajin dalam membangun masjid ini. Tanpa kenal lelah, ia membawa batu² yang ukurannya sangat besar, hingga orang lain tak sanggup mengangkatnya.
‘Ammar mengikatkan batu itu ke perutnya sendiri dan membawanya untuk dijadikan bahan bangunan penyusun masjid ini. ‘Ammar memang selalu dikisahkan sebagai prajurit yang sangat perkasa bagi pasukan Islam. Dia wafat syahid pada usia 92 tahun.

Kini, Masjid Qubā yang dulunya merupakan hamparan kebun kurma telah mengalami berbagai perbaikan. Qubā dapat menampung 20 ribu Jamaah dengan Sahn yang menjadi ciri khasnya; Sahn adalah ruang terbuka di dalam masjid yang dulu merupakan tempat wudhu sang nabi dan para sahabat. Biasanya sang nabi mengunjungi Quba setiap hari sabtu, terkadang berjalan kaki, sering pula berkendara.

Dan inilah sabda Sang Nabi untuk siapa saja yang singgah di masjid agung ini:
“Siapa yang berwudhu di rumahnya lalu mendatangi masjid Qubā dan shalat di dalamnya, maka pahalanya seperti umrah”. H.R. Nasa’i dan Ibnu Majah

Mâsyâ Allâh, belum berhaji saja sudah dapat 1 kali pahala umroh, dahsyatnya fadhilah dalam perjalanan spiritual ini. Pantes banyak yg pengen balik lagi ke sini 😭

Ayah Enha

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Whatsapp