Beranda » Catatan Haji » Serial Catatan Haji Bersama Sahara Kafila : Pelajaran Dari Kota Nabi
Kafila International Islamic School

Sore ini kami berencana melaksanakan ziarah ke maqam Rasulullah dan dilanjutkan ke pemakaman Baqi’.

Ritual ziarah ini penting bagi para jama’ah haji dan umroh. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Albaihaqi dari Abdullah bin Umar, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda;

مَنْ حَجَّ فَزَارَ قَبْرِيْ فِيْ مَمَاتِيْ كَانَ كَمَنْ زَارَنِيْ فِي حَيَاتِيْ
“Siapa yang menunaikan ibadah haji kemudian menziarahi kuburku setelah aku mati, maka dia seakan menziarahiku ketika aku masih hidup.”

Sebagian hikmah ziarah ke makam Nabi SAW adalah mendapatkan syafaatnya kelak di hari kiamat. Dalam hadis riwayat Imam Daruquthni dan Albaihaqi dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Nabi SAW bersabda;
مَنْ زَارَ قَبْرِيْ وَجَبَتْ لَهُ شَفَاعَتِي
“Barangsiapa berziarah ke makamku, maka wajib baginya mendapat syafaatku.”

Hikmah terpenting lainnya tentu saja napak tilas ilmiyah mengenai sejarah hidup Rasulullah yang menawan hati. maka manfaatkanlah momentum engkau berada di bumi sholawat ini, mengenal lebih dekat sang teladan agar dapat kita duplikasi kemuliaan akhlaq beliau dalam kehidupan kita sehari-hari.

Maka, marilah membumikan kemuliaan sikap sang nabi. Beliau menyerukan perbaikan budi pekerti dari waktu ke waktu, “sebaik-baik kalian adalah yang paling baik perilakunya,” begitu sang nabi mengingatkan. Beliau juga mengatakan, “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang kebaikannya selalu diharapkan dan orang lain merasa aman dari keburukannya, sedang seburuk-buruk orang diantara kalian adalah yang kebaikannya tidak pernah diharapkan, dan orang lain tidak merasa aman dari keburukannya.” (HR. at-Tirmidzi)

Sederhananya menjadi muslim; cukup menjadi orang dengan akhlaq terbaik, jadilah pribadi yang menyenangkan di mana orang lain merasa nyaman, tenang dan damai dengan keberadaan kita. Itu artinya, meskipun Anda berpenampilan islami tetapi membuat orang lain takut dan tidak aman, itu berarti manusia terburuk dalam pandangan sang nabi.

Allâhumma, lembutkan hati kami untuk dapat menduplikasi semua kemuliaan sikap sang nabi. Âmîn kabulkan yâ rabbanâ…. 😇

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad
Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Ayah Enha

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Whatsapp