Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?

Mutiara Haji

31 August 2016 555x Catatan Haji

Home » Catatan Haji » Mutiara Haji
Mutiara Haji 
Sesungguhnya diadakannya Thawaf di Ka’bah, Sa’I antara Shafa dan Marwa dan Melempar Jumrah adalah untuk mengingat Allah SWT (HR. Abu Daud)
Kosakata Haji :*
Jamrah 
:* Melempar batu kerikil yang diambil ketika Mabit, ketempat Jamrah (Marma) yang berjumlah tiga macam : Jumrah Ula’, Jumrah Wustho dan Jumrah Aqobah.
Tips :*
Nyaman saat di pesawat 
:*

Untuk mencapai Tanah Suci, dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang, bila menggunakan pesawat minimal waktu yang dibutuhkan sekitar 9 jam, bahkan bila transit bisa lebih lama di atas pesawat. Durasi yang lama di atas pesawat kadang bisa menyebabkan gangguan fisik atau kesehatan karena tempat yang terbatas.
Tips dibawah ini bisa membantu jamaah agar lebih nyaman dan fresh ketika mendarat dikota Jeddah :# Meletakan barang bawaan di atas Cabin/Bagasi, jangan biarkan barang-barang menggangu duduk jamaah haji. # Mengkonsumsi air minum dan makanan yang cukup, agar tidak terjadi dehidrasi dan tetap nyaman tatkala tiba di Bandara Jeddah/Medinah # Beristirahat yang cukup, walaupun tempatnya tidak senyaman di kamar. Tujuannya adalah agar tubuh tetap bugar dan fresh saat tiba di tanah suci. # Bila ingin buang air, maka jangan ditahan, segera ke Toilet dan mintalah bantuan pramugari/pramugara dalam mempergunakan fasilitas di toilet.
Pencerahan Haji :*
Haji menurut syariat : berangkat menuju Makkah, pada waktu tertentu, dengan tujuan untuk melaksanakan rangkaian amalan-amalan tertentu. Bahkan setelah atau sebelum haji, Jamaah haji sunnah mengunjungi kota suci yang lain yaitu Medinah. Perjalanan yang sangat jauh dan memakan waktu yang cukup lama, tentunya diperlukan persiapan yang matang dan perbekalan yang cukup. Baik bekal materil atau spiritual.
Bekal spiritual, jauh lebih utama dari bekal materil, walaupun bekal materil juga tidak bisa dikesampingkan. Tiga bekal spiritual yang harus dibawa oleh jamaah haji. Yaitu :

Bekal Pertama;Merujuk pada surat al-Baqoroh : 197 : Dan berbekallah kamu sekalian, ketahuilah sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah TAQWA. Taqwa adalah menjalankan perintah Allah dan berusaha menjauhi larang-laranganNYa.
Aplikasi ketakwaan dalam rangkaian ibadah haji adalah :
• Menjadi Tamu Allah yang baik, dengan banyak melakukan perbuatan yang mendatangkan ridho Allah SWT, sehingga Sang Tuan Rumah senang kepada Tamunya, maka tamu tersebut akan di berikan : Apabila ia meminta akan diberi, apabila ia berdoa akan diijabah doa-doanya, apabila ia berinfak maka akan diganti semua infaknya
• Selalu berzikir mengingat Allah dimanapun Ia berada.
• Memperbanyak membaca al-Qur’an dan sholat-sholat sunnah
• Berinfak sesuai kemampuan
• Berusaha menjauhi hal-hal yang mendatangkan murka Allah SWT

Bekal kedua :*
Sabar.
Ketika berhaji, maka kita berkumpul dengan segenap kaum muslimin dari berbagai daerah dan penjuru dunia. Dengan bahasa, budaya dan tatakrama, karakter yang berbeda-beda. Hal ini dapat menimbulkan ketidakcocokan dan perselisihan. Saat itulah sifat sabar sangat dibutuhkan tatkalaberhadapan dengan perilaku yang berbeda dengan pribadi kita.
Sabar juga tidak hanya ketika bergaul dengan jutaan kaum muslimin, tetapi sabar juga dalam perilaku sehari-hari, seperti : Antri makan, ke kamar mandi, berwudhu dan lain-lain. Ada istilah, pinjamlah sabar tetangga.

Bekal ketiga :*
Ilmu. 
Ingat kita akan beribadah kepada Allah, ibadah tidak akan diterima tanpa dasar ilmu. Mak perlunya ilmu manasik, perlunya kita mengetahui mana yang rukun, mana yang wajib bahkan mana yang sunnah, sehingga kita tidak terjebak kepada meninggalkan yang rukun/wajib demi mendahului yang sunnah. Seperti berdesak-desakan dalam mencium hajar aswad, bahkan sampai menyikut, mencederai orang lain. Padahal mencium hajar aswad tidak wajib, hanya sunnah saja, bahkan ada ulama yang tidak menyunnahkannya. Ngobrol ketika wukuf, melakukan perbuatan sia-sia diwaktu senggang. Hal ini dikarenakan kekurangan ilmu. Maka berbekallah dengan ilmu.

Wallahu A’lam Bisshowab

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

AKAR HAJI

AKAR HAJI

20 July 2023 123x Catatan Haji

  ?? Aktifkan Alarm Kesadaran Diri (self awarness) 1. Mengenali Blueprint kehidupan 2. Cerdas mengenali ujian ?? Kuatkan kepemimpinan hati (leadership) 1. Aktivasi suara hati 2. Mengenali jenis nafsu ?? Arifkan kata dan sikap (attitude) 1. Bila tidak berkata baik, maka diam lebih baik 2. Bila berbuat lebih baik itu memungkinkan, maka berbuat baik saja..... selengkapnya

Doa Ketika Melontar Jamrah

Doa Ketika Melontar Jamrah

21 December 2022 80x Kantor Imigrasi

Jemaah haji berhenti membaca talbiyah, ke- mudian melontar jamrah. Setiap melontar jamrah, baik jamrah Sughra (small) yang dikenal juga dengan nama jamrah ulā, jamrah wusṭa (middle), dikenal juga dengan jamrah tsaniah maupun jamrah Kubra (big) dikenal juga dengan jamrah aqabah, jemaah haji menggunakan 7 (tujuh) kali lontaran kerikil pada setiap jamrah. da... selengkapnya

Kisah Jin Memeluk Islam

Kisah Jin Memeluk Islam

24 September 2016 455x Berita

Alkisah, serombongan jin tengah melakukan perjalanan menuju Tihamah, sebuah kawasan di garis pantai Laut Merah, Arab Saudi. Mereka berangkat dari rumah-rumah mereka di Nasibain, sebuah wilayah yang terkenal sebagai tempat tinggal para jin. Lokasinya di sekitar perbatasan antara Irak dan Suriah. Di antara rombongan tersebut, terdapat jin yang berperan sebagai... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.