Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Kemenag Terus Berinovasi dalam Penyelenggaraan Haji

Pemerintah akan terus melakukan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini, guna memberikan kenyamanan kepada jamaah haji. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam mengatakan, beberapa inovasi akan dilakukan ke depan, seperti penggunaan GPS dan pelayanan kesehatan akan ditingkatkan. Dia menilai, saat ini, penyelenggaraan ibadah sudah sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan. 

“Banyak pihak memberikan apresiasi atas penyelenggaraan haji tahun 2016 ini. Ke depan diharapkan lebih meningkatkan dalam memberikan perlindungan kepada jemaah haji,” katanya usai melepas pemulangan kloter terakhir SOC 74 asal embarkasi Solo di Madinah, Jumat (14/10) malam..

Menurutnya, pelayanan pasca-operasional haji perlu tingkatkan, khususnya bagi jamaah yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Mereka belum bisa pulang ke Tanah Air dan perlu mendapatkan perhatian khusus berupa pendampingan selama di rawat. “Tugas berikutnya adalah melakukan sejumlah inovasi guna melindungi jamaah”, tegas mantan Dirjen Pendidikan Islam itu.

Beberapa inovasi pelayanan yang diberikan pada 2016 ini, antara lain konsentrasi wailayah penempatan hotel jamaah dan memberikan layanan katering 24 kali selama jamaah tinggal di Makkah, penggunaan water fan saat wukuf di Arafah serta penyediaan karpet bagi jamaah saat mabid di Muzdalifah. Sementara dari tim kesehatan, tahun ini dilengkapi dengan adanya Tim Promosi dan Preventif (TPP) dan Tim Gerak Cepat (TGC). Mereka bergerak cepat memberikan sosialisasi tentang hidup sehat di Saudi Arabia dan menjemput jamaah yang membutuhkan pertolongan perawatan.

Hingga masa pemulangan berakhir, tercatat sebanyak 154.078 orang jemaah haji reguler dari 387 kloter telah berhasil dipulangkan. Sedangkan jemaah haji khusus, telah dipulangkan sebanyak 13.338 orang dari 134 PIHK. Sementara 342 jemaah wafat dan 34 orang masih di rawat di beberapa rumah sakit di Saudi Arabia untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/16/10/15/of32kw396-kemenag-terus-berinovasi-dalam-penyelenggaraan-haji

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Ungkap Musim Umrah Akan Segera Berakhir pada 31 Mei 2022

12 May 2022 180x Berita

Kementerian Haji dan Umrah telah menetapkan 30 Syawal, bulan Islam saat ini setelah bulan suci Ramadhan, bertepatan dengan 31 Mei 2022 sebagai batas waktu bagi umat Islam di luar negeri untuk melakukan umrah. Bahkan mereka juga mengatakan bahwa 16 Mei 2022 akan menjadi permohonan visa terakhir bagi jamaah umrah. Ini menunjukkan bahwa visa umrah untuk... selengkapnya

Keberangkatan Umrah Sahara Kafila – 08 April 2011

16 April 2011 436x 2011, Galeri Foto

[supsystic-gallery id=’15’] selengkapnya

Fiqih Haji (Bagian ke-9): Berziarah ke Madinah

Fiqih Haji (Bagian ke-9): Berziarah ke Madinah

20 January 2017 479x Fiqih

Jamaah Haji PT Sahara Kafila Wisata Dari Said bin Musayyib dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ditekankan rihlah (kunjungan) kecuali kepada tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini dan Masjidil Aqsha”. (HR Asy Syaikhani dan Abu Daud) Dari Jabir RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Shalat di masjidku in... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.