Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Catatan Haji » Keberkahan Waktu Pagi

Untuk meraih kucuran berkah, sebagai aktualisasi dari iman dan taqwa itu antara lain dengan istiqamah bangun sebelum waktu salat subuh. Sang Nabi bersabda yang sekaligus mendo’akan umatnya, Allahumma Bârik li ummatî fi bukûrihâ Ya Allah Berkahi umatku pada pagi harinya.

Sakhr Al Ghamidi berkata, Rasulullah, jika mengirim pasukan atau ekspedisi militer, beliau kirim ketika pagi. Kata Ibnul Mundzir, Sakhr al-Ghamidi adalah seorang pedagang, jika ia mengirim pegawai²nya, ia berangkatkan ketika pagi sehingga hartanya berlipatganda dan bertambah banyak.

Suatu ketika Ibnu Abbas RA melihat anaknya sedang tidur pagi, maka ia berkata, “Bangunlah. Apakah kamu tidur pada waktu disebarkan rezeki?”

Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan.” (HR.Thabrani).

Ini bukan berarti beraktivitas selain pagi dilarang, hanya Rasulullah mengkhususkan waktu pagi agar memperoleh berkah karena pagi adalah waktu untuk beraktivitas.

Masa pemeritahan Umar bin Abdul Aziz hanya kurang lebih dua tahun empat bulan. Tapi keadilan, keamanan dan kemakmuran sudah merata dinikmati oleh rakyat.

Misalnya kalau sebelumnya hasil satu petak sawah pertanian hanya menghasilkan 4–5 ton gandum, di zaman Umar menghasilkan rata-rata 20 ton. Di antara kiat Umar, ialah mengajak rakyatnya untuk bangun mengerjakan salat tahajjud dan beraktivitas sehabis salat subuh. Sehingga seorang delegasi Persia pernah menggambarkan sikap umat Islam pada waktu mereka dikalahkan oleh umat Islam yang baru muncul itu dengan mengungkapkan, “Di malam hari mereka laksana biarawan (pendeta), di siang hari mereka laksana singa Tuhan (giat bekerja).”

Bila engkau masih “berkutat” pada tekanan masalahmu, boleh jadi belum seimbang dengan kesempurnaan ikhtiyarmu dan kekhusyu’an munajatmu.

Ayah Enha

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Aku Ingin ke Tanah Suci

Aku Ingin ke Tanah Suci

8 December 2015 463x Berita

Jamaah Haji sedang melakukan Tawaf (mengelilingi Kabah). (kemenag.go.id) Betapa bahagianya orang yang berkesempatan berkunjung ke rumah Allah di Mekah. Betapa bahagianya berada di tengah-tengah hamba Allah dari berbagai wilayah jauh yang datang ke rumah Allah untuk berhaji. Betapa bahagianya bisa berziarah ke makam Rasulullah, para Nabiyullah, dan para sahab... selengkapnya

Umroh Mulai Dibuka 4 Oktober

23 September 2020 613x Berita

Arab Saudi telah mengumumkan pelayanan umroh akan dibuka kembali mulai 4 Oktober 2020. Mengutip pernyataan dari Kementerian, pelayanan umroh akan dibuka secara bertahap dengan junlah jamaah terbatas untuk mengunjungi dua masjid suci, Makkah dan Madinah. Kementerian mengatakan, keputusan itu diambil setelah penilaian perkembangan virus corona di Kerajaan. Sel... selengkapnya

Agar Jamaah Haji Tetap Fit Jelang Berangkat

13 April 2018 470x Berita

Pelaksanaan ibadah haji 2018 tinggal menghitung bulan. Pemberangkatan jamaah haji Indonesia kloter pertama rencananya akan dimulai pada 17 April mendatang. Calon jamaah haji perlu mempersiapkan diri dengan baik, baik itu dari segi fisik, mental, dan persiapan lainnya. Dari segi fisik, tubuh perlu fit atau sehat untuk melaksanakan ibadah haji. Apalagi, dengan... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.