Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Jumlah Jamaah Haji Dunia Tahun Ini Terbesar dalam Sejarah
 Jumlah peziarah internasional yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini menjadi yang terbanyak dalam sejarah. Menurut Kementerian Haji dan Umroh, jumlahnya akan mencapai 1,6 juta orang dikutip Saudi Gazette, Sabtu (19/8).
Jumlah ini meningkat sekitar 264 ribu jamaah dari tahun lalu. Tahun ini, Saudi memang menambah kuota sekitar 20 persen dari total peziarah tahun lalu karena proyek ekspansi mataf Ka’bah dan Masjidil Haram telah rampung.
Selain itu, otoritas Penjaga Dua Masjid Suci juga memotong kuota jamaah domestik sebesar 50 persen. Sejauh ini, sudah satu juta peziarah memadati Mekkah dan Madinah. Sisanya masih akan berdatangan sebelum akhir Agustus.
Menurut data terakhir pada Kamis, sekitar 916.562 jamaah sudah tiba di Saudi. Jumlah ini meningkat 22 persen dari periode yang sama tahun lalu. Menurut laporan statistik Direktorat Jenderal Passport, 878.567 tiba dengan jalur udara.
Sementara 35.023 tiba melalui jalur darat dan 2.972 jalur perairan. Sekitar 607.715 peziarah masih berada di Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi sebelum akhirnya berangkat ke Mekkah. Untuk menanggulangi kepadatan, Menteri Agama dan Pemamdu Jamaah Sheikh Saleh Al-Asheikh meluncurkan program untuk mengedukasi jamaah.
Program ini akan mendistribusikan jutaan publikasi, buku, CD, film hingga media massa dengan 32 bahasa. “Sekitar 100 saluran satelit juga akan meluncurkan program edukasi bagi para jamaah selama musim haji ini,” kata dia. Program tersebut merupakan pelayanan terbaru untuk memastikan kelancaraan ibadah haji.
Sumber : ihram.co.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Dalam Sepekan, Enam Juta Muslim Sholat di Masjid Nabawi

9 November 2023 122x Berita

Dalam waktu sepekan, sebanyak 6.252.097 umat Islam telah melaksanakan sholat di Masjid Nabawi di Madinah. Angka tersebut meningkat lebih dari setengah juta dibandingkan pecan sebelumnya. Dilansir dari saudigazette, Kamis (9/11/2023), berbagai departemen yang bekerja di Otoritas Umum Urusan Dua Masjid Suci sedang mengintensifkan upaya lapangan dan pembinaanny... selengkapnya

Keistimewaan Ibadah Umroh Yang Wajib Anda Tahu

1 April 2019 1.183x Berita

Umroh menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum mendapat kesempatan untuk berangkat haji, mengingat antrian haji yang begitu panjang hingga sampai puluhan tahun. Jadwal keberangkatan yang tidak perlu menunggu lama, menjadikan umat muslim memilih untuk menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu. Meski umroh bukan ibadah yang utama, namun ibadah umroh tak... selengkapnya

Menengok Lokasi Bertalbiah Isa Almasih

13 September 2018 505x Berita

Lanskap di titik sekira 80 kilometer ke arah timur Madinah, tersebut sepi dari bangunan. Padang gersang yang luas dengan pohon-pohon meranggas dan bukit-bukit berbatu hanya disela dan dibelah jalan raya. Pada Sabtu (8/9) itu, awan mendung menggantung di langit. Angin kencang menerbangkan pasir-pasir ke udara. Unta-unta berlindung sembari mencari makan di poh... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.