Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Ini Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Jamaah Haji Khusus Sahara Kafila 2019

Ibadah haji dan umroh merupakan dua ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dengan mengunjungi tanah suci. Kendati sama-sama pergi ke tanah suci, kedua ibadah ini mempunyai perbedaan. Berikut perbedaan antara ibadah haji dan umroh.

Dari Segi Hukum

Pembina Indonesia Quran Reciter Application (IQRA), Ustad Ahmad Syauqi mengatakan ibadah haji termasuk rukun Islam yang kelima dan wajib dilaksanakan bagi yang mampu. “Mampu berarti dia lepas dari hutang, uangnya ada dan bisa untuk berangkat haji. Bisa jadi juga dalam kategori mampu jika dia diberangkatkan orang. Mampu juga kondisi fisiknya atau ada orang yang bisa membantunya, misal orang tua,” kata Ustad Ahmad saat dikonfirmasi, Senin (28/9).

Sementara umroh hukumnya sunna muakkadah. Yang berarti, lebih baik dilaksanakan namun jika tidak, tidak masalah.

Dari Segi Waktu Pelaksanaan

Haji hanya bisa dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah sekali dalam setahun. Sementara umroh bebas dan dapat dilakukan berkali-kali.

Dari Segi Rukun

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan pelaksanaan haji dan umroh sama-sama memiliki rukun yang sama. Namun, ibadah haji ada penambahan rukun, yakni wukuf di Arafah. Sehingga rukun haji menjadi ihram (niat), wukuf di Arafah, Thawaf ifadah, sa’I, tahalul, dan tertib.“Sementara rukun umroh ihram (niat), thawaf, sa’I, tahalul, dan tertib,” ujar dia.

Dari Segi Tempat

Selain waktu, tempat pelaksaan kedua ibadah ini berbeda. Jika umroh hanya wajib dilakukan di Makkah, haji dilakukan di dan luar Makkah karena adanya rukun haji yakni wukuf.

“Rukun haji ada wukuf, yang di mana pelaksanaannya di Arafah. Selain wukuf, ada melempar jumrah di Mina dan bermalam atau mabit di Muzdalifah,” ucap dia.

Sumber : ihram.co.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Shafa dan Marwah, Kisah di Balik Keimanan Seorang Wanita

Shafa dan Marwah, Kisah di Balik Keimanan Seorang Wanita

5 May 2017 397x Berita

Pada saat memasuki Makkah untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, kita akan melakukan Sa’i yaitu berjalan dan berlari sebanyak tujuh kali antara Shafa dan Marwah. Di bukit antara Shafa dan Marwah sepanjang 450 meter inilah terkandung kisah keimanan yang pertama dari seorang wanita yang ditinggalkan suaminya di tempat yang tidak ada sarana untuk hidup... selengkapnya

Paspor Hilang Denda Rp 1 Juta, Begini Cara Mengurusnya

8 October 2019 1.212x Berita

Para pemilik paspor harus merawat dan menjaga paspornya dengan hati-hati. Karena apabila hilang, maka akan dikenakan denda sebesar Rp 1 juta. Sementara untuk paspor rusak akan dikenakan denda Rp 500.000. Dua jenis denda tersebut belum termasuk biaya penggantian buku, yakni Rp 350.000. Hal ini tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 28 Tahun 2019 t... selengkapnya

Ka’bah Tempat Ibadah Pertama di Dunia

Ka’bah Tempat Ibadah Pertama di Dunia

25 February 2017 470x Berita

Sesungguhnya, rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya menjadi amanlah dia. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah. Yaitu, (bagi) ora... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.