Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Di Mana Batas Tanah Suci Makkah?

Makkah merupakan salah satu kota suci umat Islam. Kota ini menjadi tujuan umat Islam melaksanakan haji.

Kota yang berada di barat daya Kerajaan Arab Saudi ini terdapat Ka’bah yang di mana kaum Muslim di seluruh dunia beribadah menghadapnya. Selain itu juga ada Masjidil Haram yang mengelilingi Ka’bah.

Di sekeliling Masjidil Haram juga terdapat bangun-bangunan yang menunjang kegiatan jamaah, seperti areal sa’i yang ada di dalam ruangan (sekarang menjadi bagian dari Masjidil Haram), Makkah Royale Clock, dan juga ada bangunan-bangunan bersejarah.

Kota Makkah dikelilingi oleh gunung–gunung yang menjulang tinggi. Saat memasuki kota ini melalui tol, pengunjung dapat menyaksikan monumen selamat datang berbentuk tembok besar yang mejulang dan di atasnya terdapat bentuk Alquran raksasa.

Adapun nama–nama tanah suci Makkah yaitu Makkah (terusirnya orang kafir), Bakkah (tundukan), Ummu al-Qura (pusat kota), al-Balad, al-Balad al-Amin (kota yang aman), al-Haramul Amin (kota suci yang aman), al-Qaryah, Mukhraja Shiddiq, dan Ma’ad.

Kota Makkah memiliki batas tanah suci. Di antaranya adalah Tan’im, Nahklah, Adlat Laban, Jiranah, Hubaidibiyah, dan Arafah.

Sumber : Republika.co.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Sa’i adalah Pencarian

Sa’i adalah Pencarian

1 April 2017 502x Berita

badah Sa’i adalah berlari-lari kecil di antara Bukit Shafa dan Marwah. Sebagaimana diabadikannya proses pencarian (usaha) air oleh Siti Hajar untuk dirinya dan anaknya, Ismail, menurut Ali Syariati, ibadah Sa’i intinya adalah sebuah pencarian. Sebuah gerakan yang memiliki tujuan dan digambarkan dengan gerak berlari-lari serta bergegas-gegas. Menu... selengkapnya

13 Fakta tentang Haji yang Perlu Anda Ketahui

15 July 2020 641x Berita

Setiap tahun jutaan umat Muslim memasuki Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Dalam ibadah tersebut, jamaah menelusuri kembali jejak-jejak para nabi dan menyaksikan pengabdian mereka kepada Allah SWT melalui berbagai situs Islam yang terdapat di Kota Suci. Setiap tahun jamaah haji terus bertambah. Berikut adalah fakta-fakta tentang jamaah haji yang harus... selengkapnya

Penjual Bunga Kenanga Naik Haji Itu Kini Berusia 90 Tahun

17 July 2018 893x Berita, Haji

Nenek Marsiyem, penjual bunga keliling akhirnya bisa naik haji setelah 20 tahun menabung. Nenek Marsiyem setiap harinya mengayuh sepeda untuk mencari dan menjual bunga meski usianya sudah hampir 1 abad. Saat ditemui wartawan di Dusun Domot, Kecamatan Srengat, Blitar, nenek Marsiyem sangat sehat. Senyum sumringah nenek berusia 90 tahun ini menyambut jurnali... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.