Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Beredar Info Ziarah Makkah-Madinah Ditutup Mulai 7 Maret 2023, Begini Kata Konsul Haji Jeddah

Belum lama ini jagat maya dihebohkan oleh vidio yang menyebut ziarah ke Makkah dan Madinah akan ditutup mulai 7 Maret 2023 hingga Lebaran Idulfitri mendatang.

Pria yang muncul di vidio tersebut mengatakan, bahwa penutupan itu merupakan kebijakan dari Kerajaan Arab Saudi, sehingga jemaah tidak bisa melaksanakan umrah selama periode tersebut.

Namun setelah ditelusuri, ternyata informasi yang disebarkan oleh pria tersebut tidak benar adanya.

Menurut Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, tidak ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi yang menyatakan ziarah Makkah dan Madinah ditutup.

“Informasi penutupan tempat-tempat ziarah di Makkah dan Madinah yang tersebar itu bukan dari Pemerintah Arab Saudi, tapi dari swasta,” kata Nasrullah Jasam, Kamis (2/3/2023).

Nasrullah Jasa mengatakan, bahwa pihaknya telah menghubungi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, namun hingga saat ini belum ada jawaban pasti.

“Tadi juga saya dapat informasi dari Syariah Mashariq, bahwa sebetulnya penutupan tempat-tempat ziarah itu berkaitan dengan tasri’ atau surat izin. Jadi sebetulnya larangan itu hanya untuk kendaraan pribadi atau mobil-mobil yang tidak memiliki tasri’,” jelas Nasrullah Jasam.

Hal senada juga dimuat dalam Instagram @jeddah.yuk. Dalam postingan itu dikatakan bahwa pemerintah Arab Saudi tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi apapun terkait penutupan ziarah Makkah dan Madinah.

Adapun referensi yang digunakan oleh pria penyebar informasi ziarah Makkah dan Madinah ditutup adalah sebuah pernyataan dari salah satu perusahaan transportasi di Arab Saudi.

 

Sumber : himpuh.or.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Ini 6 Amalan Berpahala Haji

Ini 6 Amalan Berpahala Haji

24 August 2016 446x Berita

Jamaah Sahara Kafila Wisata Oleh: Dr Ahmad Kusyairi Suhail Setiap Muslim pasti berobsesi dapat menunaikan ibadah haji. Namun, tidak semuanya dikabulkan oleh Allah SWT untuk menjadi tamu-Nya di Tanah Suci. Bagi yang belum ditakdirkan beribadah haji tahun ini, tidak perlu kecewa dan putus asa. Sebab, ternyata masih ada peluang besar untuk mendapatkan paha... selengkapnya

Keajaiban Zamzam

Keajaiban Zamzam

17 December 2017 402x Berita

Terlepas dari riwayat mana yang benar, yang pasti air atau sumur zamzam itu menyimpan rahasia yang luar biasa. Di antaranya, dipercaya bisa menyembuhkan penyakit sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah SAW bersabda, ”Sebaik-baik air di muka bumi ialah air zamzam. Air zamzam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bag... selengkapnya

Syekh Sudais: 2 Masjid Suci Paling Sehat dari Infeksi

5 February 2021 646x Berita

Pihak berwenang Arab Saudi mengatakan pada Rabu (3/2) bahwa tidak ada kasus Covid-19 yang tercatat sejak dimulainya pandemi di antara jamaah dan jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kepala Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Abdulrahman As-Sudais, mengatakan hal ini dapat terjadi karena tindakan pencegahan yang telah dilakukan dan terus ... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.