Hotline 021-8403641
Informasi lebih lanjut?
Home » Berita » Alhamdulillah, Tahun Ini Kuota Haji Indonesia Bertambah Jadi 221.000
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya memberikan kuota tambahan jemaah haji kepada Indonesia. Tambahan itu, setelah kuota normal Indonesia dikembalikan.
“Pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi telah memutuskan untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.800 menjadi 211.000 untuk tahun 2017,” kata Jokowi, dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/01/2017)
Kuota tersebut berasal dari pengembalian kuota awal sebanyak 211.000 orang dan penambahan kuota 10.000 orang seperti yang dijanjikan Menteri Haji Arab Saudi pada saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Arab Saudi beberapa waktu yang lalu.
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah melalui Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Ahda Barori, menyatakan kesiapannya melayani Jemaah Haji dengan kuota yang telah dikembalikan ke kuota asal.
“Saat ini kami telah menyiapkan segala bentuk pelayanan kepada Jemaah Haji dengan jumlah kuota seperti yang diumumkan oleh Bapak Presiden,” kata Ahda Barori yang dihubungi di kantornya, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat (11/01/2017).
Ahda juga menyampaikan saat ini sedang dilakukan verifikasi data Jemaah Haji yang berhak melunasi dan berangkat pada tahun 2017. Jika sebelumnya dipersiapkan untuk kuota 155.200 orang dan kuota cadangan 5%, setelah pengumuman ini akan dipersiapkan verifikasi data Jemaah Haji sesuai jumlah  kuota yang diumumkan dan kuota cadangan.
“Selain verifikasi data Jemaah Haji yang berhak berangkat pada tahun 2017, kami juga harus segera menyiapkan pembentukan kloter sebanyak 505 kloter untuk melayani Jemaah Haji regular dari seluruh embarkasi,” lanjutnya
Pihaknya juga telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan telah melakukan rapat koordinasi dengan Ditjen Imigrasi terkait penerbitan paspor Jemaah Haji.
“Terkait dengan penerbitan paspor Jemaah Haji, disamping telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, kami juga telah menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,” pungkas Ahda.(ab/ha)

Sumber : http://haji.kemenag.go.id/v3/content/alhamdulillah-tahun-ini-kuota-haji-indonesia-bertambah-jadi-221000

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Hujan Bikin Makkah Menghijau, Ruang Terbuka Hijau Naik 600 Persen

7 January 2024 56x Berita

Ruang terbuka hijau meningkat sebanyak 600 persen di wilayah Makkah, Arab Saudi selama lima bulan terakhir, dari Agustus hingga Desember 2023. Peningkatan ini terjadi karena curah hujan yang intens mengguyur kota Makkah dengan kadar mencapai 200 mm. Analisis data penginderaan jauh mengungkapkan total luas tutupan vegetasi di Makkah pada Agustus adalah 3.529,... selengkapnya

Tim Pendahulu Tiba di Arab Saudi Siapkan Layanan Jemaah Haji

13 July 2018 1.024x Berita, Haji

Jakarta (PHU)—Tim pendahulu atau biasa disebut Tim Advance Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah tiba di Jeddah setelah kemarin diberangkatkan dari Jakarta, Selasa (10/7/2018) kemarin. Sebanyak 15 orang anggota tim akan bertugas menyiapkan berbagai kebutuhan PPIH Arab Saudi di berbagai daerah kerja. Direktur Bina Haji Khoirizi yang ... selengkapnya

Pahala Haji dan Umrah

Pahala Haji dan Umrah

14 June 2016 548x Berita

Pic : FB Brunei Islam IBADAH haji diwajibkan pada tahun ke-6 H. Allah SWT berfirman yang artinya, “…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah…” (QS Al Imran, 97). Pada tahun ke-8 H, Nabi SAW menyuruh Atab bin Asyad, Gubernur Makkah, menunaikan haji bersama umat Islam, ... selengkapnya

Kantor Kami

Komplek Kafila Business Center

Jl. Raya Bogor Km. 21 No. 1 – 2 Kel. Rambutan Kec. Ciracas – Jakarta Timur

Telp. 021-8403641

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.