Beranda » Berita » Masjid Al-Haram Bersihkan Karpet Tiap Hari Selama Ramadhan
Kafila International Islamic School

MAKKAH – Selama bulan Ramadhan dan musim haji, setidaknya sebanyak 400 sajadah di Masjid al-Haram di Makkah, Arab Saudi, dibersihkan setiap hari.

Direktur Departemen Pembersihan dan Karpet di Masjid al-Haram, Nayef Al-Jahdali, mengatakan ratusan sajadah itu dibersihkan dalam fasilitas laundry (binatu) khusus dengan 20 pekerja terlatih.

Al-Jahdali mengatakan, para pekerja itu menggunakan mesin khusus untuk menghilangkan debu dari permadani. Selanjutnya, mereka juga menggunakan shampo dan parfum yang ramah lingkungan yang diterapkan sebelum permadani tersebut dibilas.

Dilansir dari Arab News, Rabu (22/5), sajadah itu kemudian ditempatkan di dalam pengering industri selama dua menit. Kemudian, sajadah dikeringkan di bawah matahari selama 24 jam sebelum dipindahkan ke gudang. Sebuah departemen khusus bertanggung jawab untuk memperbaiki permadani yang rusak.

Arab Saudi mendirikan pabrik khusus di dalam negeri untuk memproduksi dan membersihkan permadani atau sajadah untuk Masjid al-Haram, setelah hampir dua dekade mengimpor sajadah. Sebelum Kerajaan Saudi membuka fasilitas pembersihan permadani pada tahun 2000, permadani untuk Masjid al-Haram diimpor dari Belgia, Jerman, dan Lebanon.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Whatsapp